L A W E T AQUARIUM: Mengenal Pompa Aquarium

Mengenal Pompa Aquarium

kurniawan4ndri@yahoo.com
Sejarah aquarium didahului dengan pemeliharaan ikan dalam aquarium tanpa peralatan pendukung apapun. Akibatnya ikan tidak mampu bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama. Pada saat itu pemeliharaan ikan masih terbatas pada ikan laut yang memiliki bentuk tubuh yang indah dan warna cemerlang.
Setelah ditemukannya beberapa ikan hias air tawar yang indah, seakan industri ikan hias ini semakin menyebar dikalangan bangsawan eropa. Aquarium pada saat itu masih merupakan koleksi mewah diistana, baru beberapa tahun kemudian dibangun di beberapa tempat umum seperti museum dan stasiun atau fasilitas umum lainnya.
Seperti telah dijelaskan bahwa kehidupan Ikan dalam aquarium juga membutuhkan kondisi air yang baik. Air yang baik adalah air yang memiliki persyaratan yang dibutuhkan oleh ikan. Dan penting untuk diperhatikan bahwa air yang jernih atau bening belum tentu air tersebut baik.
Jadi air yang baik adalah air yang memiliki unsur - unsur yang sesuai dengan kebutuhan hidup ikan. Misalnya adalah kelarutan oksigen dalam air, kandungan gas nitrat, derajat keasaman / basa, dan kandungan zat lainnya yang masih dapat ditoleransi oleh ikan. Di habitatnya, ikan telah beradaptasi dengan kondisi air tersebut, sedangkan kondisi air dapat terjaga kestabilannya didukung beberapa kondisi alam yang dilalui air. Misalnya bebatuan, lumut - lumut dan bakteri turut menyeimbangkan penguraian polutan yang mencemari air.
Ketika ikan dimasukan dalam aquarium, ia memasuki habitat baru, jika perbedaan kondisi air dalam aquarium masih dapat diterima oleh tubuh ikan, maka ikan tersebut dapat bertahan hidup.

Manajemen Kualitas Air
Air yang kita masukan dalam aquarium, memiliki kandungan zat - zat yang terlarut didalamnya. Namun kandungan tersebut tidak dapat bertahan lama tanpa sistem manajemen pengelolaan air yang baik dalam aquarium. oksigen dalam air akan habis dalam beberapa hari oleh ikan, begitu juga sisa pakan akan mengendap dan menjadi racun bagi ikan. Maka diperlukan beberapa peralatan untuk menambah atau menguraikan zat - zat yang ada dalam aquarium.
 - Oksigen : kita dapat mensuplai kebutuhan oksigen bagi ikan melalui peralatan aerator yang menghasilkan gelembung gelembung udara dalam air. Selain menghasilkan oksigen terlarut, gelembung udara tersebut juga mendorong gas - gas nitrogen ke permukaan air dan terlepas ke udara.
- Nitrat : Sisa - sisa pakan ikan yang mengendap, atau ikan yang mati akan membusuk dan menghasilkan zat amoniak yang terkonsentrasi didasar aquarium. Zat tersebut akan menjadi racun bagi ikan. Oleh karena itu diperlukan aliran air dalam aquarium agar zat nitrogen tersebut dapat tersebar ke seluruh aquarium sehingga mengurangi kadar konsentrasinya. Dalam hal ini kita dapat menggunakan Pompa Air khusus aquarium untuk membantu sirkulasi air dalam aquarium.
- Pathogen : Tidak tertutup kemungkinan air dalam aquarium tercemari oleh pakan, ikan yang mati atau zat lain yang ada dalam aquarium. Zat - zat tersebut terkadang merupakan sumber pengundang bakteri jahat yang tidak diinginkan ( pathogen ) sehingga kita membutuhkan bahan atau media lain untuk menyerap atau menguraikannya sehingga bakteri tersebut menjadi lebih jinak. Zat arang aktif yang biasanya terbuat dari tempurung kelapa dinilai cukup efektif sebagai penyerap zat - zat berbahaya tersebut. Selain itu, kita juga dapat menambahkan Bakteri Nitrosomonas untuk menguraikan zat nitrat menjadi nitrit.

Aplikasi Pompa Air
Selain berguna untuk mensirkulasi air dalam aquarium agar bergerak, pompa air juga dapat diaplikasikan dengan beberapa alat sekaligus.
- Aerator : Dengan memasukan selang aerator kedalam saluran air keluar dari pompa air, akan menghasilkan gelembung udara yang lebih kecil sehingga akan lebih memudahkan air mengikat unsur oksigen.
- Filter : Pompa air membantu air bergerak sehingga air membawa kotoran - kotoran untuk disaring dalam box filter, baik penyariingan secara biologi maupun kimiawi.
- Under gravel : Sistem under gravel ini mirip penyaringan biasa, namun hal itu dilakukan didalam aquarium. Sistem under gravel ini tidak cocok untuk aquarium yang menggunakan tanaman karena tanaman membutuhkan pupuk dasar. Sehingga unsur pupuk dasar itu akan ikut tersaring oleh hisapan pompa air sehingga justru akan meningkatkan kadar amoniak dalam air.
Under Gravel System

Hal - hal yang perlu diperhatikan 
Pompa air merupakan elemen penting dalam sirkulasi air dalam aquarium. Memilih kapasitas mesin pompa aquarium sesuai kebutuhannya merupakan hal yang lebih penting. Yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pompa aquarium adalah sebagai berikut :
- Kapasitas Mesin : Kapasitas air yang dapat disirkulasi biasa sudah tertera dalam badan mesin tersebut. Misalnya 700L/h, 800l/h, 1200l/h dsb. itu artinya adalah bahwa dalam 1 jam, mesin tersebut dapat mengalirkan air sebanyak 700 liter, 800 liter dll.
Namun perlu diingat bahwa sirkulasi penyaringan air dalam aquarium berjalan melingkar, artinya bahwa air yang keluar dari katup keluar penyaringan akan dimasukan kembali ke katup masuk penyaringan. Hal ini memungkinkan  ada sebagian sisi air dalam aquarium tidak terjangkau oleh perputaran tersebut maka diperlukan penyesuaian penempatan posisi pompa yang tepat.
- Daya Listrik : Jangan terbuai oleh kapasitas mesin pompa tanpa memperhatikan daya listrik yang dikonsumsinya. Mengingat bahwa pompa aquarium tersebut akan bekerja terus menerus sepanjang waktu, maka memperhitungkan efisiensi listrik juga akan memepengaruhi cost pemeliharaan ikan hias.
Saat ini telah banyak beredar berbagai merk peralatan aquarium dengan rentang harga yang bervariasi. Pilihlah dengan bijak, sebab harga dan kualitas peralatan tersebut masih bersifat rahasia yang dipahami oleh para pelaku usaha atau penghobi ikan hias berdasarkan pengalaman mereka. 


Dari berbagai sumber





8 komentar:

Unknown mengatakan...

Bang, Kok pompa air saya tidak keluar gelembung ya? Pdhl modelnya dan sudah dipasang sama persis seperti gambar diatas yg ada box top filter.

*JR mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
*JR mengatakan...

Tambahin aerator, sudah dijelaskan di atas

Bloggerantimager mengatakan...

Mungkin selang agan kemasukan air

Bloggerantimager mengatakan...

Mungkin selang agan kemasukan air

Unknown mengatakan...

posisi pompa terlalu kebawah sehingga kekuatan pompa kurang maksimal, coba dipindah sedikit keatas lagi bang

Random video mengatakan...

selang kecil di powerhead saya bunyi kalo di keluarkan untuk mnghisap udara

kenapa ya gan?

Anonim mengatakan...

Kegunaan selang bening buat apa ya

Copyright © L A W E T AQUARIUM Lawet-Aquarium