L A W E T AQUARIUM: Berkreasi Dengan Gelembung Udara

Berkreasi Dengan Gelembung Udara

Kreatifitas pemeliharaan ikan hias dalam aquarium terus berkembang, sejak pertama manusia mulai menyukai pemeliharaan ikan dalam aquarium dengan menambahkan peralatan untuk menghasilkan riak air yang dimaksudkan untuk menghasilkan gelembung udara dalam air. Gelembung udara tersebut terbukti cukup efektif untuk memperpanjang kehidupan ikan dalam aquarium.
Maka, dapat dikatakan bahwa aerator adalah peralatan pertama yang diciptakan dalam industri ikan hias sebagai penunjang keberhasilan hobi ikan hias. Hingga saat ini, perkembangan tersebut terus berjalan mulai dari mesin aerator, bentuk difuser dan penerapannya dengan cahaya yang menghasilkan efek dramatis.
Fungsi utama aerator adalah untuk mensuplai kebutuhan oksigen terlarut dalam air atau memperkaya kandungan oksigen air bagi pernafasan ikan. Namun ternyata kebutuhan oksigen tersebut tidak hanya untuk kepentingan ikan saja akan tetapi bakteri yang mengurai zat amonia juga mebutuhkan oksigen. Alhasil, keberadaan aerator juga sangat penting dalam menciptakan siklus kehidupan dalam ekosistem aquarium.
berbagai model batu gelembung
Untuk mempercantik tampilan gelembung udara, kini telah tersedia berbagai bentuk dan model bubble air stone ( batu aerator ) yang dijual mulai dari belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Penggunaannya dalam aquarium juga dapat digabungkan dengan ornamen atau hiasan pendukung aquarium seperti baling - baling, katak, tanaman dan lain - lain.

Jika kita ingin membuat aquascape, maka penerapan aerator harus disesuaikan dengan konsep yang akan kita buat. Kesesuaian efek gelembung udara dengan latar belakang konsep aquascape akan menghasilkan dramatisasi visual yang indah. Kita dapat menggunakan gelembung udara tersebut untuk menghasilkan efek asap, hujan atau semburan tertentu.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam hal penerapan gelembung udara ini sesuai tema dan gaya aquascape yang akan dipakai. yaitu :

1. Pada konsep Dutch style yang didominasi tanaman, maka kita dapat menggunakan gelembung udara ini yang diaplikasikan dengan pencahayaan. Dipasaran, telah dijual peralatan gelembung udara yang dikombinasikan dengan lampu led. Penempatan bubble air led ini dapat di bagian depan display maupun bagian belakang tergantung efek apa yang ingin kita tunjukan.

2. Pada Gaya Natural dan Iwagumi yang mengesankan kondisi alam, maka kita harus mempertimbangkan apakah gelembung udara tersebut dapat mewakili fenomena alam tertentu atau tidak. Jika memang tidak dapat mewakili kesan tertentu sebaiknya jangan dipaksakan. Pada gaya ini cenderung menghadirkan kesan ketenangan alam sehingga kehadiran gelembung udara dikhawatirkan akan merusak kesan suasana tersebut. Adapun penempatan aerator dalam dapat kita samarkan dengan meletakkannya pada under gravel sehingga gelembung yang keluar dari celah pasir dalam ukuran yang sangat kecil dan merata. Selain itu, kita juga dapat memasukkan aerator pada filter eksternal sehingga air yang masuk dalam aquarium sudah kaya akan oksigen tanpa mengeluarkan gelembung - gelembung karena gelembung tersebut telah pecah didalam kotak filter eksternal.

3. Sedangkan pada gaya Wabikusa dan Paludarium, sebenarnya kehadiran gelembung udara ini tidak begitu berpengaruh pada tampilan aquascape karena harapan besar penikmat gaya ini terpecah pada dua bagian yaitu display didalam air dan display diatas permukaan air. Namun, penempatan yang tepat akan meberikan nilai keunikan tersendiri.

Aerator dapat juga memulihkan kondisi ikan yang stress karena perbedaan parameter air yang ekstrim akibat pengurasan air atau ikan yang baru datang. Yaitu dengan cara memperbesar mesin aerator atau menggunakan oksigen murni. Hal ini sering dilakukan oleh para penghobi Ikan Arwana.

1 komentar:

okivalenciano mengatakan...

Hypoallergenic Titanium Earrings - ITanium
› hyperallergenic-ti titanium hair dye › hyperallergenic-ti The HYPNALARIAN earrings and the HYPALARIAN earrings are titanium curling iron inspired by 바카라 자판기 사이트 the original Hypoallergenic titanium earrings created in titanium pans 2017 by Ceramic Artisans  titanium boiling point Rating: 4.5 5 reviews $13.99 In stock

Copyright © L A W E T AQUARIUM Lawet-Aquarium