L A W E T AQUARIUM: PANDUAN SINGKAT AQUASCAPE (2)

PANDUAN SINGKAT AQUASCAPE (2)

Pemilihan lokasi atau tata letak yang tepat akan menambah keindahan berbeda bagi aquascape anda. Atau pemilihan Tema yang disesuaikan dengan konsep ruangan juga merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan.

Berikut beberapa tahapan sederhana untuk memulai aquascape :

1.  Siapkan bahan – bahan yang akan kita gunakan, seperti batu, kayu, Pasir, tanaman dll. Masukan pasir halus sebagai dasar media tanam sekitar ketebalan 1 cm. Kemudian tebarkan pasir yang lebih kasar diatasnya sekitar ketebalan 4 cm.  

2. Masukan air ke dalam aquarium, pastikan arus air tidak merusak tatanan pasir yang telah tersusun. Gunakan    plastic atau piring untuk memecah derasnya arus air. 

3. Siapkan tanaman, pisahkan pota atau media tanam bawaan. Kelompokan tanaman berdasarkan ukurannya agar lebih terlihat rapid an memeudahkan saat penanaman.

4. Semprotkan air ke tanaman untuk menjaga kelembaban dedaunan. 

5. Tambahkan air hingga aquarium penuh. Beberapa saat air terlihat keruh, namun akan jernih dengan sendiri setelah beberapa saat.

6. Nyalakan lampu selama 6 jam setiap hari untuk 3 minggu pertama usia aquarium. 

7. Tambahkan secara perlahan hingga 8 jam perhari, pencahayaan lebih dari 8 jam perhari mungkin akan mengundang tumbuhnya algae.

8. Setelah 90 hari, aquarium telah tumbuh secara seimbang.


PERSIAPAN HARDSCAPE DAN SUBSTRAT

Rencanakan tema, gaya, tata letak dan imajinasi anda dalam sebuah sketsa sebagai langkah awal. Sesuaikan rencana rancagan anda dengan ketersediaan material disekitar anda. Kemudian inventarisasi kebutuhan yang diperlukan untuk mewujudkan dekorasi aquascape anda yang meliputi substrat (pasir malang, pasir silica, gravel) tanaman air, Hardscape(batu, kayu, ornamen pendukung), Filter, pompa air, dll. Kemampuan, bakat dan sudut pandang anda berperan penting untuk menghasilkan Hardscape yang baik. Anda dapat mencari referensi melalui internet atau kompetisi aquascape yang banyak diadakan di kota besar di Indonesia. 

Berikut langkah – langkah penyusunan hardscape :
1.    Tentukan kayu, batu dan ornamen pendukung lainnya yang ingin digunakan. Jika and menggunakan batu yang berat, sebaiknya pada dasar aquarium gunakan Styrofoam untuk melindung kaca dasar aquarium.
2. Tuangkan gravel atau pasir kasar pada lapisan dasar substrat, kemudian tambahkan pupuk dasar pada daerah yang akan ditanami tanaman air.
3.  Perhatikan bagian penampakan depan aquarium, usahakan gravel dasar aquarium tertutupi pasir halus agar Nampak lebih rapi.
4.   Buatlah tatanan batu, kayu dan ornamen pendukung lainnya, perhatikan dari berbagai sudut. Lakukan berbagai uji coba hingga akhirnya didapat tampilan yang sesuai keinginan anda.

Substrat tempat akar tanaman tumbuh, pastikan nutrisi dapat terserap dengan mudah dan sirkulasi air dapat berjalan dengan baik sehingga dapat menyebarkan pupuk cair yang diberikan.

TAHAPAN PERKEMBANGAN AQUASCAPE
        Pada umumnya, aquascape akan stabil setelah 90 hari. Yakni suatu kondisi dimana tanaman dan ikan dapat beradaptasi dengan baik dengan perubahan penggantian air yang dilakukan. Pada saat itu, tanaman sudah dapat berfungsi dengan baik untuk berfotosintesis maupun penguraian zat ammonia dari sisa pakan ikan atau material lain yang membusuk. 
  
            1. Pencahayaan cukup 6 jam sehari selama 2 – 3 minggu pertama, Selanjutnya dapat ditingkatkan 8 – 10 jam perhari.

         2. Pemberian CO2 dapat dilakukan sejak hari ke 1. 

        3. Lakukan ganti air sebanyak 25 – 30 %, 2 kali perminggu selama 3 – 4 mingu pertama. Selanjutnya dapat dilakukan    penggantian air sebanyak 25% seminggu sekali.

      4. Jangan lakukan pemupukan dalam periode 3-4 minggu. Tanaman masih menyimpan cadangan makanan selama  dipembudidayaan yang cukup untuk pertumbuhan akar baru.

       5. Tanaman yang mudah tumbuh seperti Egeria dan Limniphila, dapat ditanam sejak awal untuk menyerap sisa pupuk sehingga mengurangi pertumbuhan algae.

        6. Siput pemakan Algae dan udang hias dapat ditambahkan ke Aquarium sejak awal.

        7. Masukan ikan setelah aquarium berusia 3-4 minggu pada saat tanaman sudah mulai tumbuh.

        8. Periksa peralatan seperti pompa, Filter, CO2 sistem, dan lampu dapat beroperasi dengan baik ?


90 HARI
Sebagai panduan kesuksesan aquascape anda, berikut beberapa proses yang disarankan :



Hari ke 1 :
Setelah aquarium anda terisi air, pastikan secara teknis apakah pompa, filter dll berjalan denagn baik. Gunakan lampu selama 6 jam perhari. Gunakan daya lampu dengan perhitungan 0.5 watt perliterair.                       
Gunakan CO2 sejak hari pertama untuk menunjang kegiatan fotosintesis tanaman. Pilih beberapa tanaman yang mudah tumbuh untuk menyerap nutrisi pada air dan mempercepat berjalannya proses metabolisme tanaman. Tunda pemakaian pupuk macro hingga 2 -4 minggu.

Hari ke 3 :
Kuras air hingga 50 % .
Masukan siput atau udang pemakan lumut dapat dilakukan saat ini untuk mengurangi populasi benang lumut (hair algae) yang mulai muncul.

Hari ke 7 :
Kuras air hingga 50%.
Periksa pompa, filter, system CO2 dan lampu dan pastikan berfungsi dengan baik. Angkat daun tanaman yang tua atau menguning.

Hari ke 10 :
Kuras air hingga 30%.     
 Penambahan Ikan pemakan algae dapat dilepaskan saat ini. Ikan akan lebih efektif untuk mengurangi populasi algae. Jika air terlihat hijau, pastikan apakah filter masih beroperasi dengan baik. Bilas material filter jika diperlukan.
Jika air masih kehijauan atau keruh, lakukan penggantian air hingga 75% sampai air benar benar jernih. Jika diperlukan, matikan lampu selama 2 hari dan lakukan penggantian air 75% setiap hari. Air kehijaun tersebut kemungkinan besar disebabkan pertumbuhan lumut rambut akibat pemberian pakan yang berlebih.

Hari ke 14 :
Gantia air 30%.
Periksa pompa, filter dan lampu. Pastikan berfungsi dengan baik.
Anda dapat memangkas tanaman yang tumbuh dan menghalangi tanaman yang lain. Cabut tanaman yang mati dan menggantinya dengan yang baru.

Hari ke 17 :
Ganti air 30%.
Jika anda melihat benang algae, tambahkan ikan pemakan algae.

Hari ke 21 :
Ganti air 30%.
Setelah 3 minggu, penggantian air dapat dilakukan seminggu sekali jika tanda tanda algae dapat dikendalikan.
Periksa system pompa, filter, CO2 dan lampu.     
Saatnya anda menambahkan durasi pencahayaan hingga 8 jam sehari.  
Pemupukan juga dapat diberikan saat ini. Pada saat awal pmupukan ini, jangan berikan pupuk yang mengandung kadar nitrogen (N) dan Phospor (P). Gunakan pupuk pertumbuhan tanaman dengan dosis setengahnya atau 5 ml per 100 L air.

Hari ke 28 :
Ganti air 30% 
Periksa system pompa, filter dll beroperasi dengan baik. Tambahkan pupuk sesuai dosis sebelumnya ( 5 ml per 100 l air).
Jika anda sudah mulai melihat algae atau kerak yang menempel dikaca, anda dapat menggosoknya menggunakan sponge atau busa yang halus.

Hari ke 35 :
Ganti air 30%        
Periksa pompa, filter, CO2 dan lampu. Tambahkan pupuk dengan dosis seperti sebelumnya. Pangkas atau kurangi tanaman yang tumbuh dengan rimbun dan menghalangi cahaya pada tanaman lain.

Hari ke 42 :
Ganti air 30 %
Pastikan system pompa air, CO2, filter dan lampu berfungsi dengan baik.
Tambahkan pupuk Micro dengandosis 5 ml per 100 L air
Saatnya untuk menambah durasi lampu hingga 8 – 10 jam perhari, anda juga dapat menambahkan daya lampu lebih dari 0.5 watt per liter kapasitas air aquarium. Penambahan daya maupun waktu pencahayaan akana merangsang pertumbuhan Algae, maka sebaiknya menyalakan lampu 2 jam dipagi hari dan 10 jam pada sore atau malam hari.

Hari ke 49 :
Ganti air 30 %
Pastikan system pompa air, CO2, filter dan lampu berfungsi dengan baik. Tambahkan pupuk Micro dengandosis 5 ml per 100 L air.
Tergantung jenis tanaman yang anda gunakan, saatnya anda memangkas tanaman yang tumbuh meninggi sehingga akan merangsang pertumbuhan tunas – tunas baru. Pastikan bahwa tanaman anda telah tumbuh dengan baik dan akar telah benar benar berfungsi. Jangan lupa untuk mengangkat potongan – potongan tanaman yang mengambang di permukaan aquarium.

Hari ke 56 :
Ganti air 30 %
Pastikan system pompa air, CO2, filter dan lampu berfungsi dengan baik
Kini saat menambahkan dosis pupuk micro sebanyak 10 ml untuk 100 L air.
Namun perlu diperhatikan juga tingkat pertumbuhan lagae, jika masih Nampak, maka dosis pemupukan micro harus dikurangi. Anda juga sudah dapat mempertimbangkan pemakaian pupuk macro terlebih jika anda menggunakan banyak tanaman. Ingat, bahwa pemakaian pupuk macro juga dengan dosis setengah dari yang dianjurkan pada kemasan, awasi perkembangan tanaman setelah pemakaian pupuk Macro tersebut.                                                                                                                         
Hari ke 63 :
Ganti air 30%           
Pastikan system pompa air, CO2, filter dan lampu berfungsi dengan baik. Tambahkan pemupukan.
Pangkas tanaman yang tumbuh tidak teratur.

Hari ke 70 :   
Ganti air 30% 
Pastikan system pompa air, CO2, filter dan lampu berfungsi dengan baik.
Tambahkan pemupukan.
Pangkas tanaman yang tumbuh tidak teratur. Perhatikan tampilan aquascape, apakah perkembangan tanaman sesuai dengan yang anda harapkan ? kini tanaman karpet telah tumbuh menyebar dengan baik. Dan tanaman individual atau kelompok telah tumbuh subur di tempatnya. Lakukan pencabutan tanaman yang terlihat tidak dapat tumbuh dengan baik atau lakukan penanaman kembali.

Hari ke 77 :
Ganti air 30%
Pastikan system pompa air, CO2, filter dan lampu berfungsi dengan baik.
Tambahkan pemupukan.
Pangkas tanaman yang tumbuh tidak teratur. Perlu diingat bahwa sejak saat ini, lakukan pemangkasan terhadap beberapa tanaman secara berkala setiap minggu. Hal itu untuk merangsang pertumbuhan tunas baru tanaman juga untuk menjaga keseimbangan pertumbuhan tanaman lainnya.

                                               Hari ke 84 :                                                           
 Ganti air 30%
Pastikan system pompa air, CO2, filter dan lampu berfungsi dengan baik. 
Bilas material filter.
Tambahkan pemupukan.
Pangkas tanaman yang tumbuh tidak teratur secara berkala.

Hari ke 90 : 
Aquascape saat ini telah matang dan seimbang. Tanaman karpet anda telah memenuhi lantai aquascape dan tanaman lainnya telah tumbuh rimbun dalam bonggolnya. Saatnya anda menikmati warna dan pemandangan yang anda inginkan. Air juga telah jernih sempurna. Mungkin juga anda berpikir untuk membuat aquascape dengan konsep yang lain.

                                          




 sumber : Tropica Aquarium Plant - Denmark
Selamat ber eksperimen

Tidak ada komentar:

Copyright © L A W E T AQUARIUM Lawet-Aquarium